Kelebihan Menggunakan Panel Surya Untuk Mencukupi Kebutuhan Listrik

Yoke Sulaiman

Disaat mayarakat bumi dibuat takut dengan efek global warming, pilihan untuk menggunakan energi alternatif menjadi isu yang gencar diperbincangkan. Dari sekian banyak energi alternatif, energi matahari menjadi banyak yang dipilih untuk digunakan. Selain energi ini memang tak akan habis, akan tetapi energi ini juga melimpah ruah di bumi Nusantara tercinta ini, kita bisa menggunakannya secara gratis. Namun menggunakan energi matahari ada juga keunggulan dan kelemahannya.

Keunggulan Panel Surya:

Panel surya lebih ramah lingkungan dan sama sekali tidak memberikan sumbangsih terhadap perubahan iklim seperti pada kasus penggunaan bahan bakar fosil (seperti: bensin, batu bara, minyak tanah, dll). Hal ini tentu saja dikarenakan panel surya sama sekali tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya bagi bumi seperti karbon dioksida (CO2)

Keunggulan selanjutnya adalah panel surya memanfaatkan energi matahari, dimana energi matahari adalah energi yang sangat berlimpah di planet kita ini.

Selain itu panel surya juga mudah dipasang dan memiliki biaya pemeliharaan yang sangat rendah karena semua bagiannya tidak ada yang bergerak, seperti turbin pada pembagkit listrik yang membutuhkan biaya perawatan.

Dengan menggunakan panel surya tidak akan ada polusi suara seperti contoh yang ditimbulkan oleh genset berbahan bakar bensin, sedangkan genset tenaga surya bekerja dengan sangat diam.


Di Negara lain sudah banyak yang menawarkan insentif yag menguntungka bagi pemilik rumah yang menggunakan panel surya. Di Indonesia sudah belum yah..

Hebatnya lagi harga panel surya akan terus turun meskipun harus bersaing dengan penggunaan bahan bakar fosil. Pertimbangan harga juga dilakukan karena panel surya adalah investasi jangka panjang.

Nah uniknya lagi untuk pembelian panel surya bisa dicicil, atau tidak perlu sekaligus. Tetapi bisa dijadikan beberapa tahap, dalam hal ini berarti tidak perlu melakukan investasi besar secara instan.

Masa pakai panel surya bisa mencapai 20 tahun lebih, dan selama itu panel surya tidak kehilangan efisiensinya.

Masa pakai yang panjang, yang mencapai 25-30 tahun menggaransi para penggunanya untuk bisa menghemat pengeluaran energi dalam jangka panjang pula.

Kelemahan Panel Surya:

Pada saat ini panel surya memang masih relatif mahal, bahkan meskipun setelah banyak mengalami penurunan harga. Harga panel rumah sedang saat ini sekitar $ 12000-18000.

Teknologi panel surya masih perlu meningkatkan efisiensi secara signifikan karena dalam penggunaan banyak sinar matahari yang terbuang sia-sia dan berubah menjadi panas. Rata-rata efisiensi panel surya saat ini mencapai kurang dari 20%.

Jika pemasangan kurang baik akan menjadi over-heating pada panel surya.

Nah, dalam mendaur ulang panel surya yang tidak terpakai harus berhati-hati, karena salah-salah bisa menyebabkan kerusakan lingkungan. Karena bahan pembentuk panel surya terdapat silikon, selenium, kadmium, dan sulfur heksafluorida (merupakan gas rumah kaca).

Namun demikian, kelemahan yang ada pada panel surya adalah hanyalah persoalan teknologi yang harus terus dikembangkan, dan saat ini sudah banyak dilakukan oleh lembaga penelitian untuk menjadikan panel surya ini lebih efisien. Selain itu, menipisnya cadangan energi fosil mengharuskan kita untuk melirik sumber energi lain. Saat ini sudah ada teknologi panel surya portable yang mudah dibawa dan ringan, yang bisa digunakan dimanapun dan kapanpun, dan Anda tidak memerlukan biaya yang mahal untuk mendapatkannya. Itu merupakan salah satu bukti bahwa teknologi ini terus diperbaiki dan terus berkembang.

Untuk mengurangi kelemahan panel surya, saat ini ada pembangkit listrik mini (generator) yang bisa dibawa kemana-mana, dengan berat yang relatif ringan, namun listrik yang dihasilkan cukup untuk menghidupi keluarga kecil yaitu 350 watt. Selain itu generator set ini berguna untuk mencegah dampak over heating akibat kesalahan dalam pemasangan. jual genset murah genset portable ini juga menepis anggapan bahwa panel surya identik dengan mahal, tidak dengan ini, karena hanya dengan 15juta saja listrik yang dihasilkan dari energi yang melimpah bisa dinikmati kapanpun, dan dimanapun.

Kirimkan Ini lewat Email BlogThis! Berbagi ke Twitter Berbagi ke Facebook Bagikan ke Pinterest

Artikel

Categories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *